Jenis-jenis Penyebab Pergerakan Harga Dalam Binary Option

Kita sering bertanya-tanya, Apa sih yang menyebabkan harga aset bergerak? entah itu naik atau turun. Sebenarnya banyak orang yang trading tetapi tidak mengetahui apa penyebab berubah-nya harga aset.

Kenapa harga EUR/USD turun? kenapa harga Saham Naik? kenapa harga Emas turun?

Dibawah ini adalah pengetahuan dasar yang harus dikuasai oleh semua trader. Setelah menguasainya maka kita bisa menerapkan-nya dengan strategi trading kita. Menganalisa penyebab kenaikan harga adalah salah satu bentuk dari analisa fundamental.

Dalam panduan ini saya membahas tentang berbagai sinyal, gelagat atau kejadian yang dijadikan indikator bahwa harga aset akan bergerak. Oleh karena itu anda harus waspada dan selalu mempersiapkan diri seandainya nilai sebuah aset menjadi naik atau turun.

Penyebab Pergerakan Nilai Valuta Asing

Jenis aset pasangan mata-uang atau valas, adalah nilai tukar atara satu mata uang dengan mata uang yang lain. Anda bisa mempelajari-nya disini: Mengenal Jenis-jenis Aset Trading

Mari kita bahas mengenai hal-hal atau peristiwa apa saja yang bisa menjadi pertanda bahwa anda harus waspada karena nilai sebuah mata uang akan mengalami kenaikan atau penurunan.

1. Rilis Berita Pasar

Setiap hari selalu ada berita pasar yang dirilis oleh pihak tertentu kepada publik, berita pasar ini khususnya menyangkut data-data ekonomi dari negara yang bersangkutan.

Beberapa data yang dianggap oleh pelaku pasar sebagai sangat penting adalah:

  • Interest Rate – Suku Bunga Acuan
  • Gross Domestic Product
  • Emplayment Data – Data Tenagakerja
  • Retail Sales
  • Manufactures

Anda harus memperhatikan kalender ekonomi untuk mendapatkan update tentang rilis-rilis berita penting. Untuk kalender ekonomi bisa Anda cari disitus pihak ketiga atau disini: https://id-iqoption.com/id/calendars/economic

2. Komentar Tokoh Penting

Terkadang ada beberapa tokoh penting yang memberikan komentar seputar mata uang atau kondisi ekonomi negara tersebut. Toko penting ini adalah orang-orang yang memiliki wewenang dalam mengambil kebijakan ekonomi negara mereka.

Tingkatannya sebagai berikut: Presiden, Wakil Presiden, Gubernur Bank, dan Menteri Keuangan. Empat orang ini bisa mengeluarkan komentar-komentar yang menyebabkan harga bergerak tajam.

Beberapa contoh komentar yang paling berpengaruh adalah:

  • Presiden – Nilai tukar mata uang kita harus tetap lemah supaya ekspor kuat
  • Gubernur Bank – Saya rasa suku bunga kita sudah pas
  • Menteri Keuangan – Impor terlalu besar, sebaiknya mata uang kita harus lebih kuat lagi

Komentar-komentar seperti diatas memang jarang di lontarkan, biasanya lebih bersifat umum sehingga pelaku pasar sendiri yang menerka-nerka apa maksud dari pernyataannya.

3. Pergolakan sipil

Pergolakan sipil di sebuah negara adalah pemicu tercepat terjadinya penurunan mata uang dari negara tersebut, dan anda harus siaga jika hal ini terjadi. Semakin lama pergolakan sipil terjadi maka semakin besar pula penurunan nilai mata uang negara itu. Jadi anda harus selalu waspada jika sebuah negara mengalami pergolakan sipil, karena kapanpun sebuah negara mengalami kekacauan dan terjadi pemberontakan, maka nilai mata uang negara tersebut akan terus menerus mengalami penurunan.

4. Perubahan Kekuasaan

Jika terjadi pemilihan umum atau pemilihan presiden di sebuah negara demokrasi, nilai dari mata uang negara tersebut pasti akan mengalami perubahan. Akan tetapi tidak selalu perubahan nilai mata uang tersebut adalah penurunan, karena perubahan iklim politik terkadang memberi kestabilan ekonomi dan keuangan dari negara tersebut, hal ini menyebabkan nilai mata uang mereka pun mengalami kenaikan.

5. Sanksi Ekonomi

Negara yang mendapat sanksi ekonomi bisa dipastikan akan mengalami penurunan mata uang yang tajam dan berkepanjangan, sebagi contoh Rusi, Turki, Venezuela dan Iran.

Negara tersebut mata-uang nya sudah turun ratusan persen sejak mendapatkan sanksi dari negara Amerika Serikat. Sanksi berarti negara itu dibatasi dalam berbagai hal, khususnya perdagangan.

Penyebab Pergerakan nilai Saham dan Indeks

Pergerakan nilai saham dan indeks bisa dipastikan akan selalu terjadi dalam trading anda. Akan tetapi, ada banyak hal yang menjadi penyebab pergerakan nilai saham dan efek tersebut. dibawah ini ada beberapa indikasi yang harus anda Waspadai karena mungkin akan menyebabkan pergerakan nilai saham dan indeks yang menjadi aset trading anda.

Catatan: Penyebab pergerakan mata uang yang saya sebutkan diatas juga akan menyebabkan pergerakan pasar saham, tetapi sifatnya umum. Secara individu, dibawah ini yang menyebabkan pergerakan harga saham.

1. Turunnya Laba Perusahaan

Anda mungkin menjumpai nilai saham perusahaan yang terus menurun selama beberapa hari berturut-turut, hal ini biasanya terjadi pada perusahaan yang bergerak dibidang penjualan seperti perusahaan retail, perusahaan elektronik dan lainnya. Jadi anda harus mewaspadai perusahaan-perusahaan yang sedang mengalami masa penurunan penjualan, anda bisa memeriksa laporan keuangan perusahaan yang biasa dirilis setiap 3 bulan sekali.

2. Pembagian Dividen Saham

Pengumuman dividen saham akan selalu memberikan efek terhadap nilai saham perusahaan tersebut. Anda harus menelusuri bagaimana performa dari perusahaan tersebut di selang waktu antara pengumuman dividen saham sebelumnya hingga saat pengumuman dividen yang terbaru nanti. Anda mungkin harus memprediksi bagaimana hasil dari dividen saham perusahaan tersebut dengan melakukan riset sebelumnya, apakah nilai saham mereka akan naik atau turun setelah dividen saham diumumkan, itu adalah keputusan anda.

3. Pergantian manajemen

Setiap kali perusahaan mengganti manajemen mereka, maka bisa dipastikan nilai saham perusahaan tersebut akan mengalami perubahan, entah itu naik atau turun. Meskipun kita tidak pernah tahu apakah tim manajemen yang baru tersebut memberi perubahan yang positif atau negatif, anda sebaiknya melakukan riset bagaimana riwayat kerja dan apa jabatan mereka sebelum ditunjuk menjadi tim manajemen yang baru. Karena penilaian anda akan menjadi dasar apakah anda harus melakukan put atau call terhadap nilai saham dari perusahaan tersebut.

Penyebab Pergerakan nilai sebuah Komoditas

Kategori terakhir dalam jenis binary option yang akan terus mengalami perubahan nilai adalah komoditas, dan dibawah ini kita akan lihat beberapa alasan mengapa nilai emas, minyak, tembaga dan perak akan terus mengalami perubahan, entah itu naik atau turun.

1. Perang harga

Saat ada dua perusahaan saling berkompetisi mengenai harga produk mereka di pasar, hal ini selalu mengakibatkan nilai saham dari kedua perusahaan tersebut akan mengalami penurunan. Akan tetapi, jika ada dua negara menjadi terlibat dalam pertarungan komoditas di pasar, maka harga komoditas barang seperti emas akan mengalami kenaikan yang signifikan. Para pemain binary option biasanya menganggap komoditas emas sebagai penyelamat untuk menutup kerugian dari transaksi mereka yang gagal, jadi anda harus waspada jika akan terjadi perang harga, anda harus sigap dan lakukan transaksi binary option sesuai dengan situasi yang terjadi.

2. Penemuan lokasi penambangan yang baru

Walaupun akhir-akhir ini kita jarang mendengar adanya penemuan lokasi tambang yang baru, namun ada baiknya anda harus terus waspada akan adanya perkembangan baru, misalnya apabila telah ditemukan lokasi pengeboran minyak terbaru, maka hal ini akan memicu harga komoditas minyak menjadi turun. Hal yang sama juga bisa diaplikasikan pada komoditas perdagangan yang lain. Jadi meskipun sangat jarang terjadi penemuan lokasi penambangan yang baru, anda harus siap jika hal itu terjadi, dan anda dengan segera melakukan trading binary option pada komoditas tersebut secepatnya.

3. Fluktuasi mata uang

Salah satu komoditas yang akan selalu memberi profit saat terjadi fluktuasi nilai tukar mata uang adalah komoditas emas, hal ini dikarenakan banyak investor cenderung panik apabila mengetahui nilai sebuah mata uang berindikasi akan menurun, dan kecenderungan berikutnya, para investor akan menambah jumlah investasinya dalam jumlah yang sangat besar pada komoditas seperti emas dan perak.

Kesimpulan

Dengan mengetahui dasar-dasar penyebab pergerakan harga diatas, Anda bisa memutuskan kapan akan melakukan transaksi, kapan menutup dan kapan berhenti.

Selalu berhati-hati terhadap berita tak terduga seperti breaking news karena kita tidak bisa tahu pasti apa yang akan terjadi. Dengan mengatur manajemen keuangan kita bisa mencegah kerugian besar dalam trading.